Reviewed by : Cony devilita
Di Indonesia, SMK (Sekolah Menengah Kejuruan ) merupakan pendidikan kejuruan atau pendidikan karir dan teknis, yaitu pendidikan yang bertujuan mengembangkan keahlian secara langsung dalam kelompok teknik tertentu. Pendidikan tersebut dilaksanakan dalam rangka membekali siswa dengan suatu ketrampilan tertentu, menghasilkan output yang lebih siap kerja. Pemerintah Indonesia berusaha untuk semakin mendorong kemajuan SMK-SMK yang ada, termasuk membangun SMK bertaraf internasional.
Dalam rangka untuk melakukan standar internasional, semacam SBI perlu didukung oleh
staf pengajar yang berkualitas dan profesional, fasilitas dan manajemen yang baik. Sekolah serta staf akademik juga harus dapat melakukan relevansi program, efisiensi, efektivitas, akuntabilitas untuk mempertahankan program. Untuk itu, diwajibkan untuk guru SMK dapat mengkomunikasikan pengetahuan kejuruan, keterampilan dan pengalaman dalam bahasa Inggris.
Dalam rangka untuk melakukan standar internasional, semacam SBI perlu didukung oleh
staf pengajar yang berkualitas dan profesional, fasilitas dan manajemen yang baik. Sekolah serta staf akademik juga harus dapat melakukan relevansi program, efisiensi, efektivitas, akuntabilitas untuk mempertahankan program. Untuk itu, diwajibkan untuk guru SMK dapat mengkomunikasikan pengetahuan kejuruan, keterampilan dan pengalaman dalam bahasa Inggris.
Faktor kunci keberhasilan proses pembelajaran adalah komunikasi. Dalam hal proses belajar mengajar, guru dapat menggunakan Bahasa Inggris untuk menyelesaikan tugas mengajar, untuk memperkenalkan dan belajar teknologi, untuk mendorong siswa mengkomunikasikan hasil-hasil belajar mereka, untuk mencapai tujuan pembelajaran,dan untuk mengembangkan sumber belajar mengajar. Berikut ini adalah rekomendasi yang harus dilakukan dalam proses belajar mengajar ketika bahasa inggris digunakan sebagai bahasa dasar pembelajaran :
1. Mengembangkan Kurikulum dalam bahasa Inggris
2. Mengembangkan silabus dalam bahasa Inggris
3. Mengembangkan Konten Pengajaran dalam bahasa Inggris
4. Mengembangkan Rencana Pembelajaran dalam bahasa Inggris
5. Mengembangkan LKS dalam bahasa Inggris
6. Mengembangkan sistem Evaluasi atau penilaian dalam bahasa Inggris
7. Mengajar dalam bahasa Inggris
8. Berbagai interaksi dalam bahasa Inggris
9. Berbagai metode mengajar dalam bahasa Inggris
10. Berbagai media pengajaran dalam bahasa Inggris
11. Diskusi kelompok dalam bahasa Inggris
12. Memfasilitasi belajar siswa dalam bahasa Inggris
13. Mempresentasikan hasil diskusi dalam bahasa Inggris
Dalam mengembangkan kegiatan belajar mengajar berbahasa Inggris, guru perlu memberikan kesempatan bagi para rekan-rekan (guru dan siswa) untuk berinteraksi, melibatkan siswa secara aktif, melibatkan para siswa dalam tugas-tugas dunia nyata, menciptakan jaringan siswa dan guru, membantu bahasa siswa dan guru, mengembangkan TIK & mengkolaborasikannya, pengembangan keterampilan, interaksi dialogis siswa yang berpartisipasi, dan mengkompilasi sebuah buku pegangan.
1. Mengembangkan Kurikulum dalam bahasa Inggris
2. Mengembangkan silabus dalam bahasa Inggris
3. Mengembangkan Konten Pengajaran dalam bahasa Inggris
4. Mengembangkan Rencana Pembelajaran dalam bahasa Inggris
5. Mengembangkan LKS dalam bahasa Inggris
6. Mengembangkan sistem Evaluasi atau penilaian dalam bahasa Inggris
7. Mengajar dalam bahasa Inggris
8. Berbagai interaksi dalam bahasa Inggris
9. Berbagai metode mengajar dalam bahasa Inggris
10. Berbagai media pengajaran dalam bahasa Inggris
11. Diskusi kelompok dalam bahasa Inggris
12. Memfasilitasi belajar siswa dalam bahasa Inggris
13. Mempresentasikan hasil diskusi dalam bahasa Inggris
Tidak ada komentar:
Posting Komentar